Senin, 09 Mei 2022

Belajar Keterampilan Dasar Jadi Teknisi

Daftar Isi [Tampilkan]

Keterampilan Teknisi

   Ketika kita akan memulai melakukan pengecekan atau membongkar sebuah part maka kita sebelumnya harus memiliki minimal skil-skil yang akan saya terangkan dibawah. Hal ini akan sangat bermanfaat saat kamu memulai melakukan pembongkaran pada semu jenis barang. Karena ini adalah dasar dari keterampilan seorang teknisi. Berikut ini keterampilan yang minimal harus kalian kuasai

         1. Menata Part Yang Dilepas

                 Ketika kalian membongkar sebuah part maka pastikan part di simpan di tempat yang aman agar terhindar dari kerusakan. Contoh ketika kamu sedang melepas busi maka simpanlah busi di tempat yang aman agar tidak mudah jatuh dan pecah. Contoh lagi ketika kamu melepas kampas rem maka simpanlah kampas rem di tempat kering dan arahkan pemukaan kampas rem ke atas.

                Tata setiap part dengan benar, jika kamu seorang pelupa maka tatalah part sesuai dengan urutan ketika kamu membongkar dan pastikan kamu sudah menggambar atau memfoto posisi pemasangan part tersebut.

       2. Pahami Konstruksi Sebelum Membongkar


                Ketika kamu hendak melakukan pembongkaran pada sebuah komponen part maka pahami dulu konstruksinya dan pertimbangkan apakah ada alat khusus yang digunakan untuk melakukan pembongkaran. Pertimbangkan juga resiko saat membongkar apakah akan berbahaya terhadap diri sendiri, jika perlu gunakan pelindung. Jika komponen part banyak maka cara mudah nya kamu cukup foto atau vidio setiap bagian part.               

3. Ngolong Di Bawah Mobil


Pastikan jika kalian akan masuk ke bagian bawah mobil saat mobil sedang di dongkrak, selalu gunakan pengaman seperti jack stand atau alat lainnya yang kuat menahan jikalau tiba-tiba dongkrak amblas ataupun tergelincir. Gunakan barang seperti balok kayu yang di tumpuk, ban mobil atau yang lainnya.

Jika kendaran saat akan di dongkrak pastikan juga roda yang masih menyentuh tanah di ganjal salah satu nya diposisi bagian depan dan belakang agar terhindar dari kemungkinan kendaraan menggelinding.


4. Cairan Berbahaya


Hati-hati saat menangani cairan yang berbahaya baik berbahaya untuk kendaraan ataupun berbahaya untuk kita. Seperti saat kita akan melepas tutup aki pastikan tutup aki jangan di genggam, karena cairan asam bisa merusak kulit dan cat kendaraan. Taruhlah tutup aki di tempat aman dan jauhkan dari anak-anak. Cairan yang berbahaya yang lain juga seperti oli panas, Minyak rem, Bensin jika masuk ke telinga, Carbon Cleaner dll.


5. Membongkar Part


Hal ini juga perlu di pahami oleh kita ketika akan membongkar sebuah part pada mobil, ini sangat perlu karena jika tidak maka kita bisa lupa atau salah saat memasang part tersebut. 


Caranya sebelum kalian melepas part pastikan kalian memahami konstruksinya kemudian lepas part satu per satu sambil memahami letak, posisi, dan arah pemasangan part tersebut. Jika nanti kalian takut lupa kalian cukup gunakan smartphone kemudian foto atau vidio setiap part, posisi, dan letak nya dengan teliti,


Ketika kalian membongkar part dengan jumlah baud atau mur yang banyak, maka pastikan kalian harus mengendurkan secara berurutan. Untuk Part yang bundar pastikan melepas dengan cara menyilang, sedangkan untuk part yang panjang maka dilepas dengan melepas baud atau mur dari arah luar ke dalam bergantian posisi kiri dan kanan.


6. Lakukan Semuanya Dengan Perasaan


Saat menggunakan kunci baik sedang melepas dan memasang sebuah part, Baud, Atau Mur maka jangan pernah memaksanya. Gunakan perasaan kalian, contoh saat memasang baud atau part seperti filter oli pastikan saat memasang harus terasa ringan, jika baru masuk drat sudah keras saat diputar maka jangan  pernah memaksanya karena kemungkinan part atau baud menceng. Tapi jika memang terlihat part tersebut sudah lurus kemungkinan ada benda asing atau karat yang menghalangi drat.


Jika part, baud, atau mur sudah dijamin terlihat lurus tapi keras saat diputar oleh tangan, maka gunakan lah kunci untuk memutarnya, sambil merasakan apakah terasa keras sekali atau sedikit berat saat memasangnya. Jika masih memungkinkan untuk di putar maka putar lah dengan tenaga yang sedikit lebih besar.


Nah begitulah ulasan singkatnya semoga dapat menambah wawasan kita semua.  Semoga bermanfaat.

1 komentar