Senin, 23 Mei 2022

Jangan Asal Pasang Variasi Lampu Di All New Terios

Daftar Isi [Tampilkan]

 All New Terios Tidak Bisa DI Gas, Check Engine Nyala Mungkin Ini Penyebab Nya





Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan trouble atau masalah pada all new terios 2018. Pada minggu lalu saya ditelfon oleh seseorang owner pemilik all new terios yang sedang kesulitan di jalan. Mobilnya tiba-tiba mogok dan tidak bisa di gas. Padahal mobilnya tergolong baru dan Kilometer mobilnya pun masih rendah di bawah 50.000. Saya sangat terkejut mungkinkah ada tikus yang memakan kabel pada kendaraan, itu argumen saya yang pertama.

Kronologi


Saat di telfon, beliau menjelaskan kepada saya bahwasannya mobilnya mogok. Beliau memberi tahukan bahwa mobilnya mogok di pom bensin saat sedang berisirahat. Kronologinya ketika beliau berhenti kemudian beristirahat untuk membeli minuman, selanjutnya mobil dimatikan dan ditinggalkan sekitar 1 jam.

Setelah 1 Jam berlalu tiba-tiba saat masuk ke mobil dan mobil di nyalakan masih ok, mobil bisa nyala tanpa ada kendala. Namun ketika hendak melaju saat beliau memasukkan gigi satu kemudian lepas kopling, mobil tidak maju sama sekali.

Karena mungkin kurang kuat menginjak gas nya, beliau menambah injakan gas, tapi hasilnya sama mobil tidak bisa nyala sama sekali, dan mesin pun hanya stasioner, RPM mesin tidak bertambah sama sekali. Waw bingungkan maseh, betul saat dengar ceritanya saja saya sudah di buat bingung, apa iya masa trothel bodi nya yang mengalami eror? Tentunya saya tidak mau berspekulasi karena belum melakukan pengecekan.

Action Pengerjaan


Karena jarak lumayan jauh yakni sekitar 40 KM kami sampai di tujuan kurang lebih 1 jam perjalanan. Saya sudah mempersiapkan kunci-kunci dan membawa scaner khusus.

Ketika saya konfirmasi keluhannya ternyata benar seperti yang dikatakan beliau. Sebagai langkah awal diagnosis, kami melakukan beberapa wawancara dengan beliau kemudian melakukan scaning kendaraan. Di temukan banyak sekali DTC salah satunya eror pada trothel, eoror pada abs yakni brake switch open wire, eror pada komunikasi can dan masih ada lagi yang lainnya.

Aduh bacanya saja sudah bikin saya bingung lagi, tapi saya tidak panik saya mencoba melakukan pengecekan yang bersangkutan dengan pedal gas dulu yaitu trothel. tapi trothel tidak ada masalah kami sudah siapkan trothel baru rubingan dari unit lain. Setelah beberapa puluh menit dan melakukan beberapa pengcekkan yang lain , kami menemukan titik terang.

Penemuan trouble baru


Akhirnya karena tidak ada maslah pada sistem Electri BY Wire Trothel, Kami mecoba melakukan pengecekan pada sistem pengereman yang dimulai pada sistem lampu rem. Pertama saya mencoba menginjak pedal rem dan lampu rem menyala normal,tapi ketika saya coba melihat kebelakang ternyata ada lampu variasi yang menyala, ikut dengan lampu rem, kemudian kami mencoba melepas lampu variasi tersebut dan mencoba menyalakan engine sepeti biasa.

Dan ternyata unit bisa menyala dan bisa melaju dengan biasa. Dari kejadian ini saya pun mencoba mencari EWD dari sistem lampu rem dan mencoba melihat jalur-jalur yang melewati lampu rem atau switch lampu rem. Dan ternyata benar juga dugaan saya, Semua sistem elektronik mobil-mobil sekarang sudah terinteggrasi dan saling sambung-menyambung melalui CAN Bush.

Untuk teman-teman berhati hati ya kalo mau menambah variasi pada kendaraan terutama pada sistem elektrikal, jangan pernah mengambil arus dari sistem kelistrikan kendaraan. Saya sarankan untuk membuat jalur sendiri ketika akan membuat variasi. 

Jangan malah bikin mobil kamu semakin keren tapi malah jadi repot seperti cerita tadi.