Sabtu, 23 Juli 2022

Cara Membaca Jangka Sorong Dengan Mudah

Daftar Isi [Tampilkan]

Cara membaca jangka sorong


Cara membaca jangka sorong atau vernier caliper jika bahasa umumnya itu namanya sigmat merupakan alat ukur serbaguna. Jangka sorong adalah biasanya di gunakan untung mengukur benda benda dengan ketelitian pembacaan yaitu 0.01 mm, 0.02 mm, 0.05 mm . Untuk para pelajar bisanya dalam pelajaran otomotif, kimia, atau fisika di wajibkan untuk bisa menggunakan jangka sorog atau vernier caliper. 

Diartikel ini saya akan memberikan tutorial yang kemungkinan besar tidak di ajarkan di sekolah, dan juga artikel  lainnya. Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi mengenai Cara Membaca Jangka Sorong atau vernier caliper , sebaiknya kalian harus mengetahui setiap bagian-bagiannya, Agar kalian tahu jangka sorong digunakan untuk mengukur apa saja.

Baca juga :


cara-membaca-jangka-sorong

Jangka sorong ketelitian 0.05 mm

Bagian-bagian dan komponen jangka sorong atau vernier caliper

    1. Rahang atas ( yang lancip posisi di atas kiri foto )


        Jika kalian bingung jangka sorong digunakan untuk mengukur apa, salah satu fungsi jangka sorong yaitu mengukur diameter dalam suatu benda, dengan ketelitian yang sangat kecil. Untuk cara menggunakan jangka sorong dalam mengukur diameter dalam suatu benda kalian cukup memasukkan rahang atas jangka sorong ke dalam bagian benda yang di ukur kemudian perhatikan hasilnya.

    2. Rahang bawah ( yang tumpul bawah kiri foto )


Seperti namanya rahang bawah terletak di bagian bawah jangka sorong. Jika rahang atas digunakan untuk mengukur diameter dalam sebuah benda maka rahang bawah sebaliknya. Rahang bawah berfungi untuk mengukur diameter luar sebuah benda dengan ketelitian yang sama juga hingga 0.01mm. Cara Membaca Jangka Sorong mudah kamu cukup menjepit benda yang akan diukur di rahang bawah, kemudian baca hasil pengukurannya.

    3. Pengukur kedalaman ( batang kecil paling kanan foto )


Seperti namanya pada bagian ini berfungsi untuk mengukur kedalaman sebuah benda. Pada Cara Membaca Jangka Sorong pada bagian ini terdapat sebilah besi yang bisa digunakan untuk mengukur kedalaman sebuah benda. Cara mengukurnya juga mudah sekali kamu hanya cuku memasukkan sebilah besi tadi hingga ke dasar benda yang akan diukur, kemudian hitung hasil pengukuran.

    4. Sekala utama ( Sekala yang ada didalam batang jangka sorong )


Sekala utama terletak di bagian batang dari jangka sorong, di dalam sekala utama terdapat dua satuan yang berbeda yakni CM dan INCI. Jadi ketika akan membaca nya kalian harus perhatikan satuan pada sekala utama. Jika kamu mau pakai CM maka harus menggunakan satuan cm begitu pula sebaliknya. Dalam pembacaanya pun kalian harus teliti memperhatikan sekala utama ini.

    5. Sekala nonius ( sekala kecil di samping kanan rahang bawah )


 Cara Membaca Jangka Sorong selanjutnya Pada bagian ini terdapat sekala yang sangat kecil satuannya micrometer . biasanya di bagian ini searah dengan sekala utama, jika pada sekala utama cm maka pada sekala nonius itu mm. Untuk di sekala nonius selalu sejajar dengan bagian rang yang di geser. Cara membacanya pun sangat mudah, kamu cukup perhatikan angka 0 pada sekala nonius dan baca hasilnya.

      6. Pengunci ( bagian yang bulat di samping rahang atas )


Pada bagian ini berfungsi untuk mengunci sekala nonius agar tidak bergerak, sehingga pembacaan pun bisa akurat. Cara Membaca Jangka Sorong sangatlah mudah, kamu cukup mengencakan pengunci searah jarum jam ketika alat ukur sedang di gunakan. Agar tidak bergerak pastikan ketika alat ukur sedang mengukur kedalaman contohnya, pengunci harus di kunci dulu sebelum jangka sorong diangkat dari benda yang ci ukur.


Cara membaca jangka sorong dengan cepat dan tepat


Setelah kamu mengetahui bagian bagian jangka sorong dan fungsinya saatnya kamu mempelajariCara Membaca Jangka Sorong atau vernier caliper dengan cepat dan juga tepat. Berikut ini tahapnnya ya. Untuk contohnya di sini saya akan mengukur diameter luar suatu benda atau ketebalan suatu benda. Untuk pengukuran yang lain juga sama. 


    1. Perhatikan ketelitian jangka sorong


Sebelum Cara Membaca Jangka Sorong pastikan kamu mengetahui ketelitian jangka sorong. Ketelitian jangka sorong biasanya terletak pada sekala nonius biasnya tertulis 0,02 mm atau 0,05 mm. Pada dasarnya perhatikan saja garis pada sekala nonius, angka 0 sampai 10 pada sekala nonius itu mengartikan 1 MM jadi jika ada garis-garis lagi yang kecil sesuaikan. Contoh lebih lanjut nanti sambil mengerjakan soal nya.

    2. Pastikan jangka sorong sudah terpasang dengan benar


Saat kamu mengukur sebuah benda dan akan membaca jangka sorong pastikan posisi yang kamu ukur tepat berada di tengah agar hasil tepat, serta jangka sorong wajib lurus jangan sampai menceng, atau tidak tegak sehingga nanti pengukuran hasil pengukuran

    3. Perhatikan sekala nonius dan sekala utama

Saya akan memberikan contoh soal untuk cara membaca jangka sorong.


Perhatikan sekala nonius, menurutmu jangka sorong ini memiliki ketelitian berapa mm? Kalo di lihat dari garis pada sekala nonius menunjukkan bahwa jangka sorong memiliki ketelitian 0.05 mm, hal ini dikarenakan simpel nya diantara garis 0 dan 1 terdapat 1 garis berarti setengan atau 0.5 micrometer karena sekala nonius pakainya satuan micrometer 10 micrometer = 1 mm.

0.5 micro meter = 0.05 mm

Cara lainnya 10 : 20 jumlah garis sekal nonius = 0.5 micrometer atau 0.05 mm

Jika kamu sudah tahu ketelitian jangka sorong selanjutnya cara menghitung jangka sorong dan Cara Membaca Jangka Sorong dengan perhatikan 0 pada sekala nonius terletak di tengah tengah sedikit ke kanan di setrip ke 11 sekala utama. Cara cepatnya jika sekala 0 nonius berada di tengah sedikit ke kanan seperti gambar di atas berarti panjangnya titik titik koma lebih dari 0,5mm karena telaknya dit engah agak kekanan. Berarti kamu cukup perhatikan sekala noniusnya di antara angka 5 - 10 perhatikan garis yang lurus, ga perlu di liat urut satu persatu karena sudah jelas bahwa ukurannya lebih dari sekian 0,5 mm.

Pertama kamu masukan angka 11.00 mm Karena sekala nonius berada di setrip ke 11

kedua cara membaca jangka sorong seperti saya sebutkan tadi, kamu cukup perhatikan garis di angka 5-10 di sekala nonius, lihat garis yang sejajar antara garis sekala nonius dengan garis sekala utama. Pada gambar terlihat di setrip angka 6 lebih satu.
berarti 0.65 mm

Selanjutnya cara menghitung jangka sorong jumlahkan 11.00 mm + 0.65 mm = 11.65 mm


Begitulah cara membaca jangak sorong dan cara menghitung jangka sorong dengan cepat dan tepat, yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat.