Selasa, 24 Mei 2022

[MUDAH] Cara Mengganti Oli Mesin Daihatsu Sigra Dan Toyota Calya

Daftar Isi [Tampilkan]

Cara Mengganti Oli Mesin Daihatsu Sigra Dan Toyota Calya


Toyota calya adalah mobil kembarannya Daihatsu sigra, dengan mesin yang sama bahkan VIN number pada toyota calya juga tertulis Daihatsu. Semua komponen mesin, chasis, dan sistem penggerak pun sama persis. Yang membedakan daihastu sigra dan toyota calya adalah di fitur dan aksesoris mobil nya.

mesin-toyota-calya
Mesin Toyota Calya



Karena kedua mobil ini sama persis maka kita tidak usah repot untuk melakukan pergantian oli, karena keduanya 100% memiliki standar oli mesin yang sama dan kapasitas oli yang sama. Seperti halnya pada Ayla dan Agya yang memiliki mesin sama persis dan bentuk body pun sama.

Karena saya sebelumnya membahas Cara Mengganti Oli Mesin Ayla Dan Agya 1.0 serta menambahkan cara ganti oli mesin sigra dan calya, namun karena berbeda jenis engine nya rasanya kurang efisien jika di campurkan kedua jenis kendaraan tadi, maka dari itu saya buatkan khusus cara mengganti oli mesin daihatsu sigra dan toyota calya. Akan saya bahas lengkap dan detail. Sebelum melanjutkan ke proses pengerjaan maka sebaiknya kamu harus memahami Skil Dasar Seorang Teknisi Yang Wajib Kamu Tahu Jika kamu sudah membaca sampai selelsai maka akan kita lanjutkan.

Baca Juga :

Persiapan Alat Dan Bahan


    Sebelum melakukan pekerjaan siapkan alat dan bahan yang di butuh kan, Alat dan bahan ini tidak mengikat harus ada jika kamu tidak ada maka gantilah dengan yang sejenis nya atau yang memiliki fungsi yang sama.

  • Kunci Shock 14, Boleh Kunci ring atau kunci pas untuk pilihan terakhir jika kunci di atas tidak ada. Ini untuk membuat baud pembuangan oli nya.
  • Rachet 1/2 Inch, boleh juga stang L ataupun T sliding. Alat ini digunakan bersama sambungan untuk melepas Filter Oli dan Baud pembuangan.
  • Kunci SST Filter Oli no 64 jenis bundar. Boleh juga pakai SST Filter Oli yang cakar tapi hanya untuk melepas saja jangan untuk mengencangkan.
  • Extension Bar atau sambungan ukuran Sedang 1/2 Inch. Alat ini digunkan untuk mempermudah melepas Filter Oli
  • Torong untuk mengisi oli
  • Oli mesin 0W-20 API SN Full Syntetic atau Semi Syntetic Maksimal 5W-30 Klasifikasinya sama. Kapasitas oli mesin 3.5 Liter jika dengan Oil Filter ( Filter Oli ) Disingkat OF, dan 3.2 Liter tanpa OF.
  • Majun atau kain untuk lap 
  • Nampan ukuran untuk 3 liter yang tidak terlalu tinggi, dipakai wadah untuk oli bekas nya.
  • Gerdus bekas untuk tiduran sambil ngolong.
  • O ring washer untuk baud oli, Jika tidak ada gunakan seal tip.

Setelah kamu menyiapkan peralatan dan bahan diatas maka selanjutnya kita akan melakukan penggantian oli pada daihatsu sigra dan toyota calya.

Mengganti Oli Mesin Daihatsu Sigra dan Toyota Calya 


Mengganti-Oli-Mesin-Daihatsu-Sigra-dan-Toyota-Calya
Roda kanan di sebelah kanan gambar



    Sebelum melakukan penggantian oli mesin, jika kamu akan menambahkan flashing bisa di tambahkan kemudian mesin di stater selama 10 menit kemudian dimatikan. Untuk memulai mengganti oli perhatikan langka-langkah berikut ini ya,

    1. Dongkrak mobil


Jika badan mu cukup besar dan tidak bisa masuk kekolong mobil maka dongkrak bagian kanan mobil kemudian lepas baud oli, ketika oli sudah keluar turunkan lagi mobil agar keseimbangan oli yang di dalam carter terjaga dan oli bisa keluar lebih banyak.

Tapi jika badan mu kecil kamu tidak perlu dongkrak bagian sisi kanan mobil, kamu cukup masuk tangannya saja sampai separo dada, kepala tidak usah masuk, kamu raba-rama kemudian lepas baud tap oli atau baud pengurasan oli mesin.

    2. Perhatikan hal ini


Jika kamu sudah memulai akan membuka filter oli atau baud tap oli mesin sebaiknya kamu perhatikan hal berikut agar terhindar dari troubel yang akan menyusahkan.

  • Jika mobil kamu menggunakan transmisi matic berhati-hati ya cermati letak baud tap oli mesin. Banyak kejadian ketika akan menguras oli mesin yang di kuras malah oli matic nya, kenapa bisa demikian. Alasannya karena menurut orang awam atau orang yang belum mengerti bentuk carter oli mesin dan oli matic sekilas hampir sama, bahkan warna dan jenis baud tap nya pun sama. Perhatikan dengan cermat bahwa baud tap oli mesin berada sejajar dengan lokasi mesin mobil ok.
  • Jika baud keras sebaiknya jangan dipaksa kamu cukup ganti kunci atau gunakan kunci sok 14 kemudian stang L dan di sambung menggunakan pipa atau Extension bar, Agar momen yang di hasilkan lebih besar dan baud bisa mudah di lepas.
  • Jangan pernah menggunakan SST OF cakar untuk mengencangkan OF ya, gunakan hanya untuk mengendorkan saja.

    3. Diamkan Unit 1 Malam


Agar lebih efisien dan selalu saya lakukan saat menguras oli mesin, diamkanlah unit selama satu malam agar oli mesin turun ke carter dengan sempurna. Jika kamu akan menggunakan Flusing Engine maka Masukan saat sore harinya kemudian stater beberapa menit dan kemudian diamkan semalaman, atau diamkan selama kamu tidak memakainya.

    4. Lepas Oil Filter Dulu 


Karena letak oli filter di belakang dan agar waktu lebih efisien, maka lepas filter oli terlebih dahulu menggunakan rachet, sambungan sedang, dan sst of. Selanjutnya putar filter oli berlawanan arah jarum jam. OF jangan langsung dilepas, cukup kendorkan saja jika sudah kendor putar sedikit pake tangan agar oli bisa keluar dengan sendirinya. Jangan dilepas dulu ya OK, kita lanjut ke langkah berikutnya.

    5. Lepas Baud Tap Oli Mesin


oli-mesin



Setelah kamu mengendorkan OF maka selanjutnya kamu melepas baud tap oli mesin, siapkan nampan oli di bawah baud agak ke ara roda kanan. Lepas baud dengan perlahan, jika sekiranya baud sudah mau lepas 98% dorong baud ke arah drat kemudian tarik sekaligus ke arah kiri roda agar tangan tidak terkena tetesan oli mesin.

    6. Pasang Oring Washer Baud Tap Oli Mesin


Jika baud sudah terlepas sambil menunggu oli mesin tidak menetes lagi kita siapakan washer untuk mengganti washer yang lama, agar baud oli mesin tidak rembes. Jika tidak ada washer baud oli mesin maka kamu bisa gunakan seal tip. Bungkus topi baud beserta washer yang lama searah jarum jam kurang lebih 4 -6 kali puntiran. Jika semua permukaan washer tertutupi sampa ke drat maka baud siap  dipasang.

Seal tip hanya dibagian permukaan washer atau topi baud hingga ke drat paling bawah dekat dengan kepal baud, jangan semua drat di seal tip nanti drat bisa rusak.


    7. Pasang Baud Tap Dan Lepas Filter Oli


Pasang baud tap dengan hati hati, kencangkan secukupnya jangan sampai dikencangkan pake stang L atau sampai dipukul-pukul kuncinya, Cukup ditarik pake tangan saja kuncinya kencangkan secukupnya.

Setelah mengencangkan, lepas filter oli. Agar oli tidak mengenai tangan maka, gunakan gardus filter oli yang baru untuk melepas filter oli yang lama, dengan cara dimasukkan ke of lama kemudian di puter berlawanan arah jarum jam. kemudian elap permukaan pemasangan filter oli. Pasang filter oli original jangan terlalu kencang secukupnya saja menggunakan SST OF ukuran 64 yang bundar. Jika tidak ada maka kencangkan saja sekuat tenaga mu pakai kedua tangan.

Jika kamu menggunkan filter oli yang biasa, maka oleskan oli baru ke permukaan karet pada filter oli agar karet tidak terlepas saat pemasangan dan menyebabkan kebocoran oli.


    8. Isi Oli Mesin Kemudian Panaskan Mesin


kapsitas-oli-mesin-daihatsu-sigra-toyota-calya
Oli Mesin Wealthy 5W-30 Full Syntetic



Dengan menggunakan torong masukan oli mesin dengan kapasitas 3,5 Liter. Masukan perlahan agar tidak tumpah. Jika sudah diisikan semua nyalakan mesin kemudian diamkan selama 15 menit atau lebih untuk mengecek adanya kebocoran atau tidak.

    9. Finishing


Setelah mesin dinyalakan kemudian matikan mesin, selanjutnya lakukan pengecekan kembali pada part yang di lepas dan baud yang di lepas apakah ada rembesan oli mesin. Jika aman maka buatlah pengingat penggantian oli mesin. Jika kamu bingung mau pilih 5000 KM atau 10000 KM dalam penggantian oli maka kamu wajib simak artikel dibawah ini. Jika Ok semua maka unit bisa dipakai seperti biasa. 



Selamat kamu sudah bisa melakukan penggantian oli sendiri di rumah. mudah kan cara mengganti oli mesin di rumah. Asalkan kamu mengetahui dasar mengenai keahlian teknisi tentunya kamu tidak ada kendala saat mengganti oli mesin daihatsu sigra dan toyota calya. 

2 komentar