Minggu, 08 Mei 2022

Cara Service Mobil Injeksi dan Manual Di Rumah

Daftar Isi [Tampilkan]

Cara Service Mobil Injeksi dan Manual  Di Rumah


Bagi orang orang yang menyayangi mobilnya, Kenyamanan dan performa kendaraan sangatlah penting. Tapi ada kendala bagi kita orang-orang yang budgetnya hanya cukup untuk ganti oli saja. Di sini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara service mobil sendiri seperti service mobil xenia, avanza, ayla, terios dll, seperti yang dilakukan oleh bengkel resmi dengan peralatan seadanya dan bahan secukupnya. Tentunya untuk memulainya kalian harus berinvestasi untuk membeli tols atau kunci-kunci.

cara servise mobil sendiri
Mesin WA-VE Rocky

Untuk membeli kunci beli saja tols secukupnya sesuai kebutuhan kendaraan anda. Untuk kendaraan jepang bisanya kuncinya tidak berbeda jauh pada setiap merek mobil. Tentunya itu tidak akan merugikan kita mengingat untuk biaya service berkala di bengkel resmi paling mahal bisa sampai 600 ribu untuk mobil MPV atau SUV (sekelas xenia dan Terios) dan 400 Ribuan untuk LCGC (sekelas Ayla), Sedangkan Tools yang akan kita gunakan paling akan membutuhkan investasi 200 ribuan.

                Cara kerja transmisi manual

Berikut ini alat alat yang kita butuhkan untuk memulai service plus bahan tambahan yang dibutuhkan ( Opsional ). Unit yang akan saya contohkan adalah Daihatsu Ayla 1000 CC untuk unit lain bisa menyesuaikan, Untuk Brand Daihatsu dan Toyota Tools yang digunakan Hampir serupa. Berikut alat dan bahannya.


A. Alat Dan Bahan 


Untuk Service Rem :


1. Ring 12-14

2. Palu Besi 2,5 KG

3. Obeng Min Besar Ketok

4. Kunci Roda Bawaan Atau Shock 21

5. Amplas Ukuran Antara No 150-400

6. Grease Atau Gemuk Khusus Rem

7. Dongkrak Bawaan Mobil

8. Pembersih Rem, Bisa pakai kuas atau cairan pembersih kusus ( Brake And Part Cleaner )

9. Baud Treaker 10 Untuk Ayla, 12 Untuk Xenia, 14 Untuk Terios

Untuk Tune UP Dan Ganti Oli

1. Ring 12-14

2. Extensinon Bar ( sambungan Shock Sedang )

3. Extension Bar ( Sambungan Shock Pendek )

4. Kunci Busi 16 MM ( Untuk Busi Iridium Standar kunci ukuran 14 MM )

5. Stang L ( Atau sejenisnya T sliding atau Rachet juga bisa )

7. T 10 Atau Shock 10

8. SST Filter Oli ukuran 64 MM

9. Engine Condisioner

10. Air Aki Suling


Untuk alat dan bahan kurang lebihnya seperti diatas, secara sederhananya. Alat dan bahan diatas yang saya pakai untuk mengerjakan service pada unit ayla 1000 cc. Nah jika alat dan bahan sudah disiapkan selanjutnya kita juga harus belajar tehnik dasar untuk melakukan service. PENTING ya, keahlian ini sebagai dasar kalian memulai service atau bongkar pasang part pada mobil anda.


Hal ini sangat perlu dipahami agar jangan sampai kalian lupa memasang part atau letak dan posisi part mobilnya. Apalagi melakukan hal sepele seperti merusak baud yang akan menyebabkan perkerjaan jadi lebih lama. Bisa juga kalian malah tidak bisa cara mengencangkan hingga part malah jadi patah. Jika kalian bisa memahami keahlian dasar ini saya pastikan kalian sudah bisa memulai bongkar part pada mobil secara sederhana. Berikut ini keahlian atau keterampilan dasar teknisi.


B. Keterampilan Dasar Teknisi ( PENTING )


1. Membuka baud


Hal ini sangat sepele tapi kalo salah bisa berabe. Untuk yang awam mengendurkan dan mengencangkan baud atau mur lumayan sulit, saat praktek dilapangannya. Untuk teorinya sih muda ngendorin ya ke kiri ngencengin ya kekanan. Tapi pada prakteknya ada banyak posisi baud yang akan membuat kita bingung, Jangan sampai di putar kekanan malah ngendorin. 


Jadi caranya agar mudah dipahami, pastikan seolah-olah atau bayangkan bahwa kamu melihat mur atau baud dari atas kepala baud atau mur, lalu gunakan teorinya. jika baud berada di belakang atau kita saat melihat ketika di bayangkan melihat dratnya dulu maka pada posisi pandangan kita yang realnya maka mengendorkan baud harus searah jarum jam. Tapi kalo kita ngebayangkannya (tidak real posisi kita saat ini ) seolah kita memutar kepala kita 180 drajat dan memindahkan pandangan kita seolah olah kita melihat kepala baudnya dulu baru dratnya maka pengencangan dan pengenduran dilakukan sesuai teori dasar tadi.


2. Menggunakan Kunci


Yang kedua cara menggunakan kunci yang tepat untuk pemula agar service bisa berjalan dengan mulus. Pada dasarnya kunci utama yang kita gunakan haruslah kunci shock, Ketika kunci shock tidak bisa digunakan untuk mengendurkan atau mengencangkan sebuah baud atau mur maka selanjutnya tols yang kita pilih adalah kunci ring, jika tidak bisa maka kita gunakan kunci pas dan opsi terakhir jika tidak memungkinkan maka gunakanlah tang atau pahat.


Posisi memegang kunci yang benar sesuai dengan momen yang dibutuhkan (perkiraan). Jika kita akan mengendorkan baud atau mur maka momen yang kita berikan lebih besar dari momen saat baud di kencangkan. Jika baud sulit di kendorkan gunakan kunci shock, Stang L  yang disambung dengan extension bar kemudian posisi tangan kita harus paling jauh dari letak kepala baud saat memegang stang L.Ini perlu agar tenaga yang diberikan cukup besar untuk mengendorkan baud tadi.


Saat mengencangkan dan mengendorkan pastikan kunci jangan meleset dengan cara mempertahankan posisi kunci tetap pada kepala baud atau mur dengan memegang kunci dan kepala baud kemudian tahan dari kemungkinan kunci tergelincir lepas dari baud.


Khusus pada part yang rawan patah seperti busi maka kencangkan atau baud lainnya yang mudah selek maka pegang gagang kunci sedekat mungkin dengan busi atau kepala baud agar walau kita memberikan momen atau tenaga yang besar, tidak bertambah berkali kali lipat sehingga busi patah atau baud selek.


Untuk lebih rincinya mengenai keahlian dasar seorang teknisi yang harus kalian pahami sebelum memulai service klik link dibawah ini.


Belajar Keterampilan Dasar Jadi Teknisi


Jika kalian sudah memahami keahlian dasar seorang teknisi maka selanjutnya kita bisa memulai melakukan servis pada kendaraan kalian, tanpa harus takut melakukan kesalahan. Disini kami akan menjelaskan serinci mungkin yang saya bisa. Berikut ini tahapan cara melakukan servise berkala sendiri seperti yang dilakukan dealear.


C. Cara Cek Rem dan Kaki-Kaki Roda Depan

Cara cek rem dan ganti kampas rem
Cek kondisi piringan rem, Kampas, dan sliding caliper

Angkat mobil menggunakan dongkrak yang kalian punya, Jika tidak punya Jack Stand maka Simpan ban di bagian bahan kendaraan. Selanjutnya cek kaki kaki mobil dengan mengoyang roda depan mobil ke kanan-kiri, Atas-bawah, Dan memutar roda. Jika tidak ada yang kocak maka kita tinggal lepas rodanya.


Karena posisi roda sudah diatas maka kita perlu menginjak rem saat melepas roda. Dengan kondisi mesin menyala injak rem dan seorang lagi melepas mur roda. Selanjutnya cek lah secara visual kondisi di area roda depan, seperti kondisi kebocoran shock, Booth sock, Selang fleksibel, Bushing-busing, dan kondisi piringan rem, Pastikan semuanya dalam keadaan tidak ada abnormalitas. 


cara cek rem mobil ayla
Letak baud kaliper rem cakram depan

Selanjutnya bongkar kaliper rem dengan melepas satu baud bagian bawah kemudian cek komponen berikut:


1. Cek Kondisi sliding kaliper pastikan tidak macet, dan booth tidak melar atau sobek.

2. Cek kondisi Both piston caliper, pastikan tidak sobek dan melar.

3. Cek kondisi kampas rem pastikan kampas rem masih tebal dan tidak ada bagian yang terkelupas, Jika kampas rem habis silahkan lihat tutorial di artikel ini  


Cara Mengganti Kampas Rem Depan Mobil


4. Bersihkan komponen rem, seperti sliding kaliper kemudian kasih grease, amplas cakram dan kampas rem secukupnya kemudian bersihkan dengan cairan atau di kuas. 


E. Pengecekan Rem Belakang Dan Kaki-kaki

cara cek rem belakang
Mengecek kebocoran pada whell cylinder

Setelah selesai melakukan pengecekan pada area roda depan, Turunkan dongkrak dan pasang roda depan. Pasang mur secara menyilang dengan tangan dulu sampai pol, Kudian pakai stang L dengan cara diketuk-ketuk. Setelah di turunkan baru kencangkan dengan kuat roda depan menggunakan stang L.


Dongkrak roda belakan kemudian lepas roda sepeti cara tadi, Simpan ganjel dibagian roda depan. Setelah roda di lepas turunkan hand rem dan lepas tromol. Jika tromol susah dilepas karena ada karat dibagian flange nya.

cara cek kaki kaki depan mobil
Mengecek kaki-kaki roda depan dari kocak

 Setelah tromol terlepas lakukan pengecekan sebagai berikut.


1. Cek kondisi permukaan dalam tromol apakah terluka atau tidak

2. Cek Kondisi Whell Cylinder Apakah macet atau tidak

3. Cek Kebocoran pada Whell Cylinder dan Oli gardan

4. Cek ketebalan pada kampas rem belakang

5. Cek kondisi pipa rem dan persambungannya

6. Cek kondisi bushing pada kaki-kaki roda belakang

7. Bersihkan kampas dan tromol rem, dengan di amblas kemudian di bersihkan dengan pembersih rem

8. Berikan grease pada 3 titik persinggungan sepatu rem dan pada flange rem agar tromol tidak sulit saat dilepas.

10. Lakukan penyetelan rem belakang, Stel hingga ada bunyi srek-srek saat tromol di putar. Jangan disetel terlalu banyak karena akan membuat rem terlalu pakem dan tidak nyaman.

11. Pastikan jumlah klik hand rem 4-7 klik kami sarankan di 4 klik.

12. Cek kondisi ban dari kemungkinan bocor, Kadaluarsa, Kembang ban, dan tebal ban. 


Lakukan hal yang sama pada setiap roda, jika semuanya aman maka kita bisa lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pemeriksaan di bagian mesin. Tapi jika ada trouble pada komponen, Jika kalian membaca link-link di atas maka kalian akan mudah mengatasinya.


F. Pemeriksaan Pada Area Mesin / Cara Tune Up Mobil Sendiri

cara melakukan tune up efi
Cara melakun tune-up 

Jika kalian membeli engine condicioner maka semprotkan dahulu engine kondicioner ke dalam trotel sambil mobil di geber, ingat di geber secukupnya jangan sampai limit. Jika engine condisioner sudah di semprotkan selanjutnya kita melakukan pemeriksaan yang lain. Untuk pemeriksaan di area mesin bisa kita singkat tune up. Jika ingin tahu detailnya bagaimana cara melakukan tune up, Dalam waktu dekat kita akan membuatkan artikelnya.  Berikut hal-penting yang di periksa di area mesin saat service:


1. Cek kondisi cadangan air radiator, Pastikan di tulisan Full

2. Cek kondisi radiator, Jika radiator berkerak bawalah ketukang radiator untuk dibersihkan

3. Cek tutup tadiator pastikan tutup tidak berkerak dan bisa ditekan-tekan

4. Cek kondisi persambungan selang air radiator pastikan tidak ada kerak, jamur putih, Atau jamur yang berwarna warna air radiator yang di pakai. Jika ada maka kemungkinan ada kebocoran,

5. Cek kondisi air aki, jika kurang tambahlah. Cek juga sell akinya jika sudah rusak segera lah ganti aki. Untuk detail cara memilih aki mobil dan mengecek aki dalam waktu dekat kami akan buatkan artikelnya.

6. Bersihkan filter udara atau ganti jika sudah kotor sekali.

7. Cek kebocoran oli pada area mesin seperti pada seal cover valve, cover timing, seal crankshaft depan dan belakang, Serta seal bracket OF.

8. Lepas koil dan lepaslah busi kemudian bersihkan, jika busi iridium tidak perlu di bongkar. Jika busi sudah jelek maka ganti busi, Pastikan busi sesuai dengan standar pabrik.

9. Cek kondisi drive belt dari kemungkinan kendor ataupun retak. Jika kendor maka setellah drive belt. Untuk cara menyetelnya dalam waktu dekat kami akan buatkan artikel bagaimana cara menyetel drive belt atau van belt.

10. Bersihkan sensor air flow atau isc. untuk ayla kita bersihkan iscnya dengan engine condisioner dan lap. Untuk mesin yang pakai air flow seperti great xenia maka kita semprot pakai engine condisioner sedikit saja kemudian bilas pakai brake and part kliner.


Cara Tune Up Mobil Injeksi Dan Manal


Untuk area mesin cukup segitu saja yang dicek, Jika ingin rinci mengenai pengecekan pada area mesin mobil / cara tune up mesin mobil efi nanti akan saya buatkan artikelnya selanjutnya kita akan melakukan pengecekan kelistrikan secara dasarnya saja. 


G. Kelistrikan Mobil


Cek kondisi semua lampu kendaraan dimulai dari head lamp, Hig beam, fog lamp dan lain sebagainya jika ada yang mati pastikan bahwa yang mati itu lampunya atau ada kabel yang putus. Untuk lebih lengkap tentang mengecek lampu dan mengganti lampu yang mati pada mobil dalam waktu dekat kami akan buatkan artikelnya.


H. Cara Ganti Oli dan Filter Oli

Cara ganti oli mesin
Cek kondisi dan kapsitas oli mesin

Jika area mesin sudah selesai selanjutnya Kuras oli mesin. Lepas baut tap oli mesin pasang kembali jika oli sudah menetes, Pastikan washer atau oring baud tap oli baru atau gunakan seal tip jika tidak ada washer yang baru.


Cara Ganti Oli mesin Ayla 1.0 dan 1.2


Lepas filter oli menggunakan Kunci filter oli, Pastikan gunakan filter baru yang original untuk mengoptimalkan sirkulasi oli dan penyaringan oli terhadap bram-bram oli. Untuk lebih jelas bagaimana cara tap oli xenia avanza terios ayla dalam waktu dekat akan kita buatkan artikelnya. 


I. Finishing

cara-servis-mobil-dirumah


Jika semuanya ok selanjutnya kita melakukan finising, Yakni memastikan semuanya terpasang dengan benar dan tidak ada part yang lupa terpasang. Jika sudah semua selanjutnya kita melakukan tes jalan. Pastikan mesin tetap responsif, rem lebih pakem dan tidak ada bunyi abnormal baru. Sambil tesdrive mampir ke pom bensin kemudian cek tekanan roda. Pastikan sesuai standar dengan melihat di sebelah kanan dekat pilar pintu driver.


Begitulah cara melakukan servis mobil sendiri seperti bengkel resmi. Mungkin ada beberapa hal yang saya lewat karena tidak memungkinkan dilakukan di rumah. Hal diatas adalah hal utama yang dilakukan saat servis mobil dengan alat seadanya, Semoga bermanfaat.

This Is The Oldest Page

1 komentar