Jumat, 20 Mei 2022

Mengatasi Kaca Pintu Mobil Seret Dan Bunyi

Daftar Isi [Tampilkan]

Kaca Pintu Mobil Seret Dan Bunyi


Jika kamu mempunyai mobil atau kamu seorang teknisi, pasti sering mendapati kaca pintu atau kaca jendela mobil seret bahkan bunyi. Untuk mengatasinya banyak sekali tutorial di youtube dan mbah google. Namun menurut pandangan saya ada yang kurang tepat dalam mengatasi khususnya kaca jendela mobil seret.
 
kaca=pintu-mobil-bunyi
Kaca Pintu Mobil

 

Sebenarnya dua masalah ini memiliki kemiripan dalam penyebabnya. Kaca jendela mobil seret atau bunyi disebabkan oleh komponen yang kotor akibat tumpukan debu atau grease yang sudah mengeras dan karet yang sudah tidak bagus. Karena itu kita bahas satu-satu untuk permasalahan ini agar mudah di cerna.

Baca Juga :

Penyebab kaca jendela mobil seret


Untuk permasalahan kaca jendela mobil seret disebabkan karena part yang sudah tua dan juga debu dan greas yang mengeras. Karena itu kita harus pastikan penyebab sebenarnya dengan cara mendengarkan asal bunyi dan melakukan tindakan yang bisa menyebabkan timbulnya bunyi seperti memukul-mukul bagian tertentu. Berikut ini penyebab kaca jendela mobil seret atau keras.

    1. Kurangnya pelumasan pada karet kaca pintu ( Run Door Glass )


        Nah untuk penyebab umumnya biasanya kaca pintu seret permasalahannya ada di karet kaca pintu atau run door glas. Jika mobil masseh kaca jendelanya masih manual yaitu masih di putar pake tangan, pastinya akan sangat menguras tenaga saat menaikan kaca jendela. Bahkan jika keras banget puntiran kaca bisa patah.

        Untun memastikan hal ini masseh harus memastikan bahwa kaca pintu seret dikarenakan run door glass yang tidak licin, maka dari itu masseh cukup berikan Silicon Spray pada alur kaca setelah itu naik dan turunkan kaca hingga didapati kaca jendela yang ringan. Untuk power window biasanya kaca harus naik dan turun dengan lembut dan kecepatan yang konstan. Kalo yang manual jelas sangat terasa setelah dikasih silicon spray pasti lebih enteng di engkolnya.

Jangan pernah berikan cairan mineral pada karet alur kaca seperti gemuk atau grease mineral, oli, anti karat atau WD, dan sejenisnya karena nanti karet bisa melar dan kaca tambah seret lagi. Pastikan gunakan bahan yang licin yang di formulasikan untuk karet. Jangan gunakan bedak karena akan ada endapan kotoran.


    Karet kaca pintu juga bisa seret dikarenakan banyak nya debu yang terdapat pada jalur jalannya kaca pintu sehingga menghambat naik turunnya kaca. Hal ini bisa diakali dengan membersihkan jalur kaca pintu dengan kuas atau semprotan angin, setelah itu lumasi menggunakan Silicon Spray.


Menjaga AC Mobil Tetap Dingin


    2. Karet kaca pintu tidak layak 


        Untuk penyebab selanjutnya penyebab kaca jendela pintu mobil seret diakibatkan oleh karet kaca pintu yang sudah tidak layak pakai karena sudah usia, jika sudah lama otomatis karet menjadi keras dan biasanya melar jadi lebih menjepit kaca yang menyebabkan kaca pintu seret. Ada juga penyebab lain seperti karet pintu yang melipat dan kaku. Jika hal ini terjadi maka karet wajib diganti dengan yang baru. 

kaca-pintu-mobil-seret
Bawah tangan wheaterstrip, Depan jari run door glas

        Nah mengganti karet pintu merupakan pilihan terakhir ya setelah kamu sudah memastikan bahwa penyebabnya benar dari karet pintu itu, dengan mengecek regulator di dalam pintu, tapi ini sangat jarang terjadi sih, bahkan saya belum pernah nemuin trouble seperti ini.

    3. Pelumasan pada mekanisme regulator hilang


        Penyebab selanjutnya yaitu hilangnya grease atau mengeras dikarenakan usia pemakain. Karena didalam pintu ada mekanisme yang bergesekan antara regulator kaca jendela dengan kaca maka dibutuhkan pelumasan yang cukup untuk mengerakkan komponen tersebut agar bisa bergerak dengan lancar dan tidak terhambat. Jika hal ini terjadi maka kamu harus membuka dortrim.

        Kemudian naikan kaca sampai terlihat komponen yang bergesekkan, lumasi area tersebut dengan greas secukupnya. Pastikan area yang bergesekan di lumasi dengan grease, jenis grease bebas asalkan jangan sampai kena bagian yang terbuat dari karet. Naik dan turun kan kaca pintunya, jika sudah enteng tutup kembali door trim, tapi jika masih berat coba identifikasi lagi dengan menaik dan turun kan kaca sambil diamatti, seperti itu masseh.

Untuk masalah kaca jendela pintu mobil seret atau keras saat dinaikan atau di turunkan kemungkinan penyebabnya seperti itu masseh, jadi silahkan di coba dan pastikan semuanya dianalisa dengan cermat.


Kaca pintu atau kaca jendela pintu mobil bunyi


Untuk penyebab kaca pintu seret sudah diterangkan dengan lengkap tadi di atas, selanjutnya kita akan membahas penyebab kaca pintu atau kaca jendela pintu mobil bunyi. Walaupun cuma bunyi, tapi bunyinya ini bukan bunyi sembarangan masseh. Bunyinya itu bikin ngilu di gigi, jadi sangat mengganggu pendengaran kita. Berikut ini beberapa penyebabnya yang bikin kaca pintu bunyi cit-cit.

    1. Run door glass atau karet pintu berdebu


Penyebab umum yang pertama yakni run door glass yang berdebu. Debu ini tidak hanya membuat kaca pintu seret tapi membuat bunyi dengung cit yang mengganggu saat kaca dinaikkan maupun diturunkan. Untuk mengatasi hal ini kamu harus bersihkan karet kaca dengan kuas atau angin bertekanan. 

Jika sekiranya sudah bersih kamu bisa memberikan silikon spray pada run door glass, silikon spray juga bisa menghilangkan bunyi. Bunyi ini di sebabkan karena pergerakan kaca yang kasar karena adanya benda asing.

    2. Weatherstrip kotor


Karena pada kaca pintu juga ada weatherstrop yang berguna menampis air dan kotoran pada kaca pintu agar tidak terbawa ke dalam bagian pintu. Karena ada kotoran menyebabkan gesekan antara kaca dan weatherstrip yang tidak lembut dan menyebabkan bunyi cit-cit yang mengganggu.

Jika weather strip mobilmu tidak ada pengancingnya artinya bisa di lepas dan bisa di cuci di luar, tapi jika weatherstrip mobil mu ada kancingannya akan sulit dilepas bahkan jika di lepas bis menyebabkan melengkung.

Untuk weatherstrip yang tidak bisa dilepas kamu cukup membersihkan kotoran pakai obeng min dan juga udara bertekanan, jika tidak ada udara bertekanan cukup gunakan brake and part cleaner. 

Jika menggunakan udara bertekanan hati hati karena bisa menyebabkan kaca film terkelupas, pastikan arah semprotan jangan ke arah kaca film


Jika weather strip tidak bisa di bersihkan atau sudah dibersihkan tapi masih bunyi maka weather strip masih ada kotoran yang tidak terjangkau untuk di bersihkan maka harus diganti dengan yang baru, begitu maseh. 


Nah begitulah tips otomotif dari saya tentang cara mengatasi kaca pintu mobil seret dan bunyi. Jika ada permasalahan mengenai hal yang bersangkutan silahkan comentar saja ok maseh. Semoga bermanfaat dan terimakasih.