Minggu, 05 Juni 2022

Sistem Transmis Manual dan Komponen Transmisi Manual

Daftar Isi [Tampilkan]

Cara kerja transmisi manual lengkap dengan gambar


Sistem Transmisi manual merupakan gabungan roda-roda gigi yang memindahkan putaran dan momen crankshaft ke roda-roda penggerak. Sedangkan tujuan utama transmisi adalah untuk memindahkan tenaga mesin sesuai dengan kondisi  pengendaraan. 

Syarat penting transmisi


Transmisi mobil yang berganti-ganti dalam desain tergantung pada type, harus melihat kebutuhan-kebutuhan berikut : 

    1. Mudah untuk mengontrol dan memilih 
perbandingan gigi yang diinginkan secara 
cepat. 
    2. Dapat bekerja dengan cepat dan 
memindahkan output mesin dengan lembut 
    3. Efisiensi mekanis yang tinggi dan ekonomi 
    4. Mempunyai kemampuan yang tinggi, bebas 
masalah dan mudah dioperasikan. 
    5. Mudah untuk perawatan 
    6. Kompak dan beratnya sedang. 

Transmsisi mobil tidak hanya berfungsi untuk merubah perbandingan gigi dalam beberapa tahap tetapi perbandingan gigi bisa berubah secara kontinyu dan secara otomatis. Kebutuhan ini dipenuhi oleh sebuah transmisi otomatis yang memanfaatkan planetary gear dan torque converter. Dalam suatu kasus mobil 
dengan menggunakan transmisi otomatis, hubungan antara kecepatan dan tenaga 
penggerak dapat diwakili oleh kurva "A" seperti pada gambar, adanya output mesin yang konstan. 

Dalam kasus di dalam kasus transmsisi manual konvensional kurva berbentuk parabola seperti "B" yang ditunjukkan pada gambar. Biasanya pada sistem transmisi manual tidak mempunyai banyak reduksi gigi kecepatan, sehingga tidak praktis karena area yang diarsir yang ditunjukkan pada gambar (dimana momen mesin tidak efektif digunakan) diperluas menjadi lebih besar. Sebaliknya, bila sebuah sistem transmisi manual dengan banyak reduksi gigi kecepatan, kurva akan menunjukkan hubungan antara kecepatan dan momen tenaga penggerak hampir 
mendekati kurva dengan symbol "A", tetapi pembuatan transmisi akan lebih sulit dan cara pengoperasiannya lebih sulit. 

Oleh karena itu, jumlah reduksi gigi percepatan yang digunakan dalam sistem transmisi manual harus dipertimbangkan dengan hati-hati, sehingga pencapaian jalan yang sempurna dapat dipelihara dengan tidak mengurangi nilai efesiensi mekanis. Semakin besar output mesin yang digunakan untuk menggerakkan mobil dengan beratnya, semakin kecil jumlah reduksi gigi yang diperlukan. Transmisi untuk mobil penumpang biasanya mempunyai 3 sampai 4 gigi, sedangkan untuk truck menggunakan transmisi dengan 4 sampai 5 gigi. 

Sebagian transmisi dengan 5-speed mempunyai over-drive gear dengan gear ratio kurang dari 1 terhadap 1 sehingga perpindahan pada gigi ini dimana mesin tidak diberikan beban berat, akan membuat propeller shaft berputar lebih cepat dari mesin.

2. KONSTRUKSI Komponen Transmisi Manual


1. PEMINDAH DAYA 


Berikut adalah pemindahan daya mesin pada sistem transmisi manual MSG5K yang digunakan pada kendaraan Isuzu Panther. 

Posisi Netral 


cara-kerja-transmisi-manual-netral

Putaran dari Input shaft hanya di teruskan ke 4th gear kemudian ke counter gear dan tidak diteruskan ke output shaft sehingga tenaga dari mesin tidak diteruskan ke roda-roda.

Perpindahan Roda Gigi ke 1 


cara-kerja-transmisi-manual-gigi-1

Pada gigi satu perbandingan rasio giginya besar sehingga torsi di hasilkan juga besar namun kecepatannya lamban. Cara kerja sistem transmisi manual gigi pertama yaitu putarn dari Input shaft  diteruskan menuju 4th gear yang selanjutnya putaran di trasnfer menuju counter gear  selanjutnya menuju 1st gear dan dilanjutkan ke hub sleeve diteruskan ke clutch hub dan pada akhirnya ke output shaft sehingga roda bisa berputar dengan torsi yang besar.

Perpindahan Roda Gigi ke 2 


cara-kerja-transmisi-manual

Pada gigi dua putaran dari Input shaft diteruskan menuju 4th gear  kemudian menuju counter gear dan selanjutnya putaran di transfer ke 2nd gear diteruskan ke hub sleeve ke clutch hub dan pada akhirnya menuju ke output shaft.
 

Perpindahan Roda Gigi ke 3


cara-kerja-transmisi-manual-gigi-tiga

Cara kerja transmisi manual pada gigi tiga putaran dari Input shaft diteruskan menuju 4th gear yang selanjutnya di teruskan ke counter gear kemudian menuju 3rd gear dan ke hub sleeve kemudian clutch hub dan akhirnya  output shaft berputar. 

Perpindahan Roda Gigi ke 4


cara-kerja-transmisi-manual-gigi-4

Untuk cara kerja transmisi manual berikutnya pada gigi 4 putaran Input shaft diteruskan langsung menuju output shaft namun lebih detailnya putaran dari input shaft diteruskan menuju 4th gear kemudian hub sleeve selanjutnya ke clutch hub 
dan akhirnya output shaft berputar.

Perpindahan Roda Gigi ke 5



transmisi-manual




Pada gigi lima kecepatan yang dihasilkan jadi lebih besar karena perbandingan rasio giginya sangat kecil. Untuk cara kerja transmisi manual pada gigi 5 putaran dari Input shaft menuju 4th gear diteruskan ke counter gear selanjutnya ke 5th gear kemudian ke hub sleeve ke clutch hub dan akhirnya output shaft berputar. 

Baca Artikel Selanjutnya 
 

 

Perpindahan Roda mundur 


cara-kerja-transmisi-manual-mundur


Untuk gigi mundur terdapat mekanisme yang membalikkan putaran sehingga kendaraan bisa berjalan mundur yakni idle gear, sedangkan cara kerjanya putaran dari Input shaft menuju 4th gear kemudian putaran dilanjutkan counter gear kemudian ke idle gear selanjutny ke reverse gear dan dihubungkan ke hub sleeve kemudian ke clutch hub dan pada akhirnya output shaft berputar berlawanan arah jarum jam sehingga kendaraan bisa berjalan mundur. 

Nah begitu lah cara kerja transmisi manual lengkap dengan gambar. Agar pemahaman kamu bisa lebih maka kamu juga harus memahami tentang sycromes dan cara kerca hubslive dan clutch hub.