Rabu, 27 Juli 2022

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Dengan Mudah

Daftar Isi [Tampilkan]

cara membaca mikrometer sekrup
wikipedia


Cara menggunakan mikrometer sekrup - Dalam pembelajaran fisika atau otomotif kita pasti tidak asing dengan salah satu alat ini yaitu mikrometer sekrup. Alat ini sangat bermanfaat bagi proses pengukuran sebuah benda, karena mengingat bahwa ketelitian dari penggaris hanya sampai 1 milimater, yang artinya untuk ukuran benda yang sangat tipis lagi atau di butuhkan pengukuran dengan ketelitian yang lebih tinggi maka mikrometer sekrup sangat tepat jika ingin di gunakan, karena ketelitian mikrometer sekrup bisa mencapai 0,01 mm, yang artinya kertas pun ketebalannya bisa di ukur dengan mikrometer sekrup.


Cara menggunakan micrometer skerup

  1. Sebelum kamu menggunakan mikrometer sekrup maka kamu wajib mengkalibrasinya, jika belum bisa maka baca Cara Mengkalibrasi Mirkrometer Sekrup
  2. Masukan benda diantara anvil dan spindle
  3. Pastikan posisi anvil dan spindle rata dengan permukaan benda yang akan di ukur
  4. Kencangkan mikrometer dengan memutar thimble sampai spindle menyentuh permukaan benda, asal menempel saja, kemudian lanjutnya dengan memutar rachet knob sampai 3 klik atau sampai spindle tidak bergerak lagi.
  5. Jangan lupa kunci mikrometer sekrup agar pengukuran tidak berubah, alangkah lebih baiknya dan jika memungkinkan maka baca hasil tanpa melepas mikrometer dari benda yang di ukur. Jika sudah selesai maka hitung hasilnya, berikut ini cara menghitung mikrometer sekrup.

Cara menghitung mikrometer sekrup



  1.  Pastikan mikrometer sekrup terpasang dengan benar
  2. Perhatikan juga garis pertemuan pada slive dan thimble, untuk contohnya lihat gambar dia atas
  3. Pada angka 0 - 4 memiliki satuan mm yang berarti 1 mm -  4 mm, sedangkan garis dibawahnya berarti 0,50 mm, serta sedangkan angka 25-35 memiliki satuan 0,sekian mm, dengan setiap satu garisnya dihitung 0,01 mm.
  4. Terlihat di gambar garis pada slive sejajar dengan angka 30 yang berarti 0,30 mm. simpan dulu angka ini.
  5. selanjutnya pada slive sekala utama yang terlihat terakhir atau paling ujung yang tidak tertutup thimbel adalah angka 4 yang berarti 4 mm atau 4,00 mm
  6. selanjutnya jumlahkan angka yang sudah kita dapatkan tadi, 4,00 mm + 0,30 mm = 4,30 mm
  7. Jika thimbel sudah melewati garis bawah pada sekala utama  ( slive ) maka dari hasil tadi tinggal ditambahkan 0,50.
  8.  Jika kamu menggunakan logika saat mempelajarinya maka akan sangat mudah menggunakan dan cara membaca mikrometer sekerup.

Fungsi dan kegunaan mikrometer sekrup


Sebelum belajar cara membaca mikrometer sekrup kalian juga haru tahu kegunaan dan fungsi dari mikrometer sekrup, berikut ini kegunaan dari mikrometer sekrup:


  1. Jika benda itu datar maka digunakan untuk mengukur ketebalan sebuah benda
  2. Jika benda itu bulat maka digunakan untuk mengukur diameter sebuah benda
  3. Jika benda itu memanjang maka bisa juga digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda.
Jika kamu sudah tahu fungsi dan kegunaan dari mikrometer sekrup maka kamu juga harus tahu bahwa mikrometer sekrup memiliki batas maksimal dan minimal dari benda yang dia ukur. Jadi kamu harus memilih mikrometer yang akan kamu gunakan dan sesuaikan jenis nya dengan benda yang akan kamu  ukur nanti.