Kamis, 28 Juli 2022

Cara Mengkalibrasi Mikrometer Sekrup

Daftar Isi [Tampilkan]

 

cara-mengkalibrasi-mikrometer-sekrup

Cara mengkalibrasi mikrometer sekrup - Banyak sekali alat ukur yang ada saat ini. Namun kamu juga haus mengkalibrasi alat ukur tersebut agar bisa di pakai dan dapat menghasilkan hasil pengukuran yang sempurna. Untuk beberapa alat ukur yang harus dikalibrasi diantarnya adalah mikrometer sekrup. Sebelum kamu menggunakan mikrometer sekrup kamau wajib mengkalibrasinya sebelum menggunakannya. Berikut ini cara mengkalibrasi mikrometer sekrup dengan mudah dan cepat.

Cara Mengkalibrasi Mikrometer Sekrup


Sebelum kamu melakukan cara mengukur menggunakan mikrometer sekrup maka kamu juga harus dan wajib mengkalibrasi mikrometer itu, hal ini dilakukan agar didapatkan hasil pengukuran yang tepat dan hasil pembacaan pun tidak ada kesalahan. Berikut ini cara mengkalibrasi mikrometer sekrup :

  1. Ambil batang kalibrasi yang sudah disediakan di wadah mikrometer sekrup, tapi jika mikrometer sekrup yang kamu gunakan memiliki ukuran pengukuran dari 0 mm - 25 mm maka tidak di sediakan batang kalibrasi, kamu cukup aja menempelkan anvil dan spindle dari mikrometer sekrup.
  2. Pastikan anvil dan spindle mikrometer sekrup asal nempel saja, ke batang kalibrasi dengan cara memutar timbhel.
  3. Setelah anvil dan spindle menempel pada batang kalibrasi maka tinggal memutar rachet knop secukupnya sampai spindle tidak bergerak lagi.
  4. setelah itu menggunakan kunci penyetel, maka putar bagian slive hingga angka 0 pada slive sejajar dengan timbhel. Hali ini dilakukan jika ketidak akuratan mikrometer sekrup 0,00-0,02 mm
  5. Jika ketidak akuratan pada mikrometer sekrup lebih dari itu maka penyetelan harus diakukan dengan melepas rachet knop, selanjutnya kamu harus memutar timbhle dan menahan slive hingga didapatkan permukaan thimble sejajar dengan angka 0 pada slive.
Jika kamu sudah mengkalibrasi mikrometer sekrup maka kamu bisa menggunakanya untuk mengukur kembali, dan pastinya hasil yang didapatkan juga akan sangat akurat. Lakukan kalibrasi mikrometer sekrup setiap kamu akan menggunkannya